[TUTORIAL] [C++] tutorial c++ chapter 1 - 2

Bab I
A. C++ dan C
Berbicara tentang C++ dan C sebagai bahasa pendahulunya, C
merupakan termasuk bahasa pemrograma n tingkat menengah.
Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie
pada tahun 1972. C merupakan bahasa pemrograman
terstruktur yang membagi program ke dalam sejumlah blok
(sub program). Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam
pembuatan dan pengembangan program. Program yang ditulis
dengan C mudah sekali dipindahkan dari satu jenis mesin ke mesin lain. Hal ini
karena adanya standarisasi C yaitu ANSI (American National Standards Institute)
yang menjadi acuan para pembuat compiler C.
C++ diciptakan satu dekade setelah C. C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup
dari Laboratorium Bell, AT&T pada tahun 1983. Pada awalnya C++ diberi nama
“A better C”. Nama C++ sendiri diberinama oleh Rick Mascitti. Adapun tanda ++
berasal dari operator increment pada bahasa C.

Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented
Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan
produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Kebanyakan pakar setuju
bahwa OOP dan C++ mampu mengurangi kompleksitas terutama program yang
terdiri dari 10.000 baris lebih, bahkan dapat meningkatkan produktivitas 2x lipat
dari C, Pascal dan Basic.
B. Object Oriented Programming (OOP)
Ide dasar OOP adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data
menjadi sebuah kesatuan unit. Unit ini dikenal dengan obyek. Sebagai gambaran
untuk mempurmudah memahaminya, obyek sebenarnya dapat mencerminkan
pola kerja manusia sehari-hari. Sebuah obyek dapat diibaratkan sebagai
departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis, misalnya departemen
- penjualan
- akunting
- personalia
Pembagian departemen dalam perusahaan merupakan upaya untuk memudahkan
pengoperasian perusahaan. Sebagai gambaran, jika Anda seorang manajer
penjualan di kantor pusat ingin mengetahui data para salesmen di kantor cabang,
apa yang Anda lakukan? Langkah yang Anda tempuh pasti bukan datang ke
kantor cabang dan mencari data-data tersebut. Untuk memudahkan tugas Anda
cukup Anda menyuruh sekretaris untuk meminta informasi. Masalah bagaimana
dan siapa yang mencarikan bukanlah urusan Anda. Analogi dengan hal itu, kalau
seseorang bermaksud menggunakan obyek, ia cukup mengirim pesan ke obyek
dan obyek itu sendiri yang akan menanganinya.
C. Program C++
Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor
sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi
program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan oleh
compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama
dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker.
Hasilnya adalah file (.EXE) executable.
D. Compiler C++
Compiler C++ yang telah beredar di pasaran antara lain Microsoft C/C++ dan
Visual C++. Keduanya dari Microsoft. Sementara Borland international juga
mengeluarkan Turbo C++ dan Borland C++.

BAB II. PENGENALAN PROGRAM C++
A. Hello World
Berikut ini contoh program C++ yang sederhana
#include <iostream.h>
void main()
{
cout << “Hello world.\n”;
}
Setelah dicompile dan dirun, hasilnya adalah muncul pada layar Hello World.
B. Fungsi main()
Program C++ memang tidak akan pernah lepas dari suatu fungsi/function. Hal ini
karena merupakan ciri OOP. Sebuah program C++ minimal memiliki satu fungsi
yaitu main(). Fungsi ini merupakan awal program utama. Tulisan main()
merupakan nama fungsi, sedangkan bagian yang diapit dengan { dan } disebut
blok (tubuh fungsi). Dalam hal ini { merupakan tanda awal blok dan } adalah
tanda akhir blok. Seperti halnya dalam Pascal, { dalam Pascal identik dengan
BEGIN, sedangkan } identik dengan END. Perintah void bermakna bahwa fungsi
main() tidak mengembalikan nilai/value.
Cara penulisan fungsi main() tidak mutlak seperti di atas. Berikut ini cara
penulisan yang lain
#include <iostream.h>
int main()
{
cout << “Hello world.\n”;
return 0;
}
C. Statement
Perintah cout << “Hello world.\n”; merupakan salah satu contoh
statement. Perintah tersebut digunakan untuk mencetak tulisan pada layar.
Setiap statement harus diakhiri dengan ;
Hal yang menjadi catatan penting di sini bahwa program C++ bersifat
Case Sensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap beda.
Tanda \n digunakan untuk pindah baris.

D. File Header
Pada contoh di atas, iostream.h disebut file header. File header tersebut
diperlukan agar perintah cout bisa dijalankan. Apabila file header tersebut
dihapus, maka akan terjadi error. Untuk mengakses file header, digunakan
perintah #include <file header>, atau #include “file header”.
Dalam suatu program bisa jadi melibatkan lebih dari satu file header.
Catatan:
Perintah cout << “Hello world.\n”;
dapat diganti dengan printf(“Hello world.\n”);
Akan tetapi untuk bisa menggunakan printf diperlukan file header stdio.h
E. Menghapus Layar
Dalam C++, perintah clrscr() ; digunakan untuk menghapus/membersihkan
layar. Perintah ini akan bisa dijalankan setelah ditambahkan file header conio.h
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
clrscr();
cout << “Hello world.\n”;
}
F. Komentar
Anda dapat menambahkan komentar pada program Anda. Berikut ini style untuk
menambah komentar.
// ----------------------------------
// ini adalah komentarku yang pertama
// ----------------------------------
atau
/* ----------------------------------
ini adalah komentarku yang pertama
---------------------------------- */

G. Latihan
1. Buatlah program seperti di bawah ini
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
void main()
{
clrscr();
cout << “It is my first C++ program\n”;
cout << “I am sure that I will be familiar with this”;
cout << “--------------------------\n“;
}
Simpan dengan nama file PROGRAM1.CPP
a. Ubahlah salah satu huruf menjadi huruf besar pada
perintah include. Compilelah, apa hasilnya?
b. Lakukan hal yang sama untuk conio, iostream, void, main,
clrscr, cout, \n.
c. Tarik kesimpulan berdasarkan a dan b.
2. Dengan menggunakan printah cout atau printf, buatlah
program C++ untuk menampilkan 3 huruf terdepan nama Anda.
Misal nama Anda AGUS, maka buatlah tampilan seperti
berikut:
AAAAAAAAA GGGGGGGGGG UU UU
AAAAAAAAA GGGGGGGGGG UU UU
AA AA GG UU UU
AA AA GG GGGGGG UU UU
AAAAAAAAA GG GGGGGG UU UU
AA AA GG GG UU UU
AA AA GGGGGGGGGG UUUUUUUUUU
AA AA GGGGGGGGGG UUUUUUUUUU
Berilah sebarang komentar pada setiap baris statement.
Simpan dengan nama NAMAKU.CPP

 STRINGS
Dalam pemrograman, string merupakan kumpulan dari beberapa karakterkarakter.
Untuk membedakan string dengan karakter, dalam C++ dibedakan
penulisannya. Suatu nilai merupakan string apabila diapit dengan tanda petik
ganda “...“, misalnya “SAYA”. Sedangkan karakter (char) diapit dengan tanda
petik tunggal, misal ‘s’.
Lantas bagaimana dengan “s”?? Dalam hal ini “s” juga merupakan string,
meskipun karakter penyusunnya terlihat hanya satu. Akan tetapi pada
kenyataannya, “s” disusun tidak hanya karakter ‘s’ saja, melainkan terdapat pula
karakter NULL atau ‘\0’, yang berfungsi sebagai tanda akhir dari string.
Untuk mendeklarasikan suatu variabel merupakan string, maka perintahnya:
char variabel[maks karakter];
contoh:
char teks[20];
Perintah di atas bermakna bahwa teks merupakan variabel string dengan jumlah
karakter yang dapat disimpan maksimal adalah 20 (sudah termasuk karakter
NULL).
A. Inisialisasi String
Misalkan suatu variabel string katakanlah kalimat[30] akan diberi nilai “SAYA
BELAJAR C++”, maka perintahnya:
char kalimat[30] = “SAYA BELAJAR C++”;
Program lengkapnya sbb:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int a;
a = 20;
char kalimat[30] = “SAYA BELAJAR C++”;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
cout << “Nilai kalimat = “ << kalimat << endl;
}

Tidak boleh seperti di bawah ini!!
void main()
{
int a;
char kalimat[30];
a = 20;
kalimat = “SAYA BELAJAR C++”; // atau
kalimat[30] = “SAYA BELAJAR C++”;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
cout << “Nilai kalimat = “ << kalimat << endl;
}
C. Membaca String dari Keyboard
Selanjutnya bagaimana cara membaca string yang berasal dari keyboard?
Berikut ini contohnya:
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
char nama[20];
char alamat[30];
cout << “Masukkan nama Anda : “;
cin.getline(nama, sizeof(nama));
cout << “Masukkan alamat Anda : “;
cin.getline(alamat, sizeof(alamat));
cout << “Nama Anda : “ << nama << endl;
cout << “Alamat Anda : “ << alamat << endl;
}
D. Mengcopy String
Kemudian bagaimana untuk mengassign suatu string dari variabel ke variabel
lain? Misalnya kata1 diberi string “HALLO”. Selanjutnya kata2 akan diberi string
dari kata1. Untuk melakukan hal ini, Anda tidak bisa memberikan perintah
kata2 = kata1;
Perintah yang digunakan untuk keperluan di atas adalah dengan:
strcpy(kata2, kata1); // mengcopy isi dari kata1 ke kata2

Contoh:
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
void main()
{
char kata1[20] = “HALLO”;
char kata2[20];
strcpy(kata2, kata1);
cout << “Kata1: “ << kata1 << endl;
cout << “Kata2: “ << kata2 << endl;
}
E. Function untuk Operasi String
Function-function berikut ini dapat digunakan untuk memanipulasi string.
Sebelum function digunakan, tambahkan file header string.h pada include.
- Mengetahui panjang string dengan strlen()
sintaks:
strlen(string)
akan mereturn bilangan bulat yang menyatakan panjang string.
Contoh:
int panjangteks;
char kalimat[30] = “BELAJAR C++ TIDAKLAH SULIT”;
panjangteks = strlen(kalimat);
cout << “Panjang string : “ << panjangteks;
- Menggabungkan string dengan strcat()
Sintaks:
strcat(string1, string2)
menambahkan string2 ke string1.
Contoh:
char kata1[5] = “SATU ”;
char kata2[5] = “DUA”;
strcat(kata1, kata2); // nilai kata1 menjadi “SATU DUA”

- Mengkonversi ke huruf kapital dengan strupr()
Sintaks:
strupr(string)
Mengubah huruf kecil dari string ke huruf kapital.
Contoh;
char string1[30] = “aBcDefgHIJKLmno”;
strupr(string1); //nilai string1 menjadi “ABCDEFGHIJKLMNO”
- Mengkonversi ke huruf kecil dengan strlwr()
Sintaks:
strlwr(string)
Function ini kebalikan dari strupr().
- Mencari Substring dengan strstr()
Misalkan diberikan suatu string “JAKARTA KOTA METROPOLITAN”. Apakah
string “METRO” terdapat dalam string tersebut?
Untuk mengetahui hal ini dengan C++, kita dapat menggunakan function
strstr().
Sintaks:
strstr(string1, string2);
Function tersebut akan mereturn nilai 1 jika string2 merupakan substring dari
string1, dan akan mereturn 0 jika tidak.
Contoh:
if (strstr(“JAKARTA KOTA METROPOLITAN”, “METRO”) == 1)
cout << “Merupakan substring”;
else cout << “Bukan merupakan substring”;
- Membalik string dengan strrev()
Bagaimana cara membalik string “C++” supaya diperoleh “++C”?
Berikut ini perintah dalam C++,
sintaks:
strrev(string);

Contoh:
char kata[10] = “C++”;
strrev(kata);
cout << kata;

FUNCTION

Dalam pemrograman, string merupakan kumpulan dari beberapa karakterkarakter.
Untuk membedakan string dengan karakter, dalam C++ dibedakan
penulisannya. Suatu nilai merupakan string apabila diapit dengan tanda petik
ganda “...“, misalnya “SAYA”. Sedangkan karakter (char) diapit dengan tanda
petik tunggal, misal ‘s’.
A. Pengantar Function
Sebuah function berisi sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama.
Nama ini selanjutnya dapat dipanggil beberapa kali di beberapa tempat dalam
program.
Tujuannya:
1. memudahkan dalam mengembangkan program. Program dibagi menjadi
beberapa subprogram kecil, sehingga hal ini menjadi kunci dalam pembuatan
program terstruktur.
2. menghemat ukuran program, karena beberapa perintah yang sama dan
dijalankan beberapa kali dalam program dapat dijadikan satu kali saja dalam
suatu function, kemudian function tersebut dapat dipanggil berulang kali.
Contoh Function I:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void garis(); // prototype function
void main() // main function
{
clrscr();
garis(); // panggil function
cout << “NIM NAMA MAHASISWA” << endl;
garis(); // panggil function
cout << “M0197001 AMIR HAMZAH “ << endl;
cout << “M0197002 PAIMAN” << endl;
garis(); // panggil function
}
void garis() // detail function
{
int i;
for(i=0;i<=40;i++)
{
cout << “-”;
}
cout << endl;
}
Contoh di atas menggambarkan bagaimana membuat function untuk membuat
garis. Nama functionnya adalah garis. Untuk membuat suatu function, diperlukan
suatu prototype dari function tersebut. Prototype function memiliki sintaks sbb:

returned_value_data_type nama_function(argumen);
Seperti halnya dalam Pascal, suatu function dapat mengembalikan (return) suatu
nilai (value) yang tergantung tipe datanya. Tipe data value yang dikembalikan
inilah yang dimaksud dengan returned_value_data_type.
Sedangkan argumen merupakan parameter-parameter yang akan diolah dalam
function tersebut. Argumen boleh ada boleh tidak, sesuai kebutuhan. Apabila
parameter argumennya lebih dari satu, cara penulisannya sbb:
tipe_data param1, tipe_data param2, ...
Contoh penulisan prototype function:
- double kuadrat(int x);
- float luas_segitiga(float alas, float tinggi);
- int jumlah_bil(int x, int y, int z);
Apabila suatu function tidak mengembalikan nilai, maka
returned_value_data_type nya diisi void.
Setelah prototype function dibuat, selanjutnya membuat function tersebut secara
detail. Suatu function disebut juga subprogram, oleh karena itu strukturnya juga
sama dengan struktur program utama. Pada contoh function garis() di atas, detail
dari function tersebut adalah:
void garis() // detail function
{
int i;
for(i=0;i<=40;i++)
{
cout << “-”;
}
cout << endl;
}
Kalau diperhatikan, strukturnya sama dengan program utama main().
Contoh Function II:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
float luas(float alas, float tinggi);
void main()
{
clrscr();
a = 10.5;
t = 11;
cout << “HITUNG LUAS SEGITIGA” << endl;
cout << “Panjang alas : “ << a << endl;
cout << “Tinggi : “ << t << endl;
cout << “Luasnya : “ << luas(a,t) << endl;
}
float luas(float alas, float tinggi)
{

float luas_segitiga;
luas_segitiga = alas * tinggi * 0.5;
return luas_segitiga;
}
Detail function luas di atas dapat ditulis sbb:
float luas(float alas, float tinggi)
{
return (alas * tinggi * 0.5);
}
Perintah return adalah untuk mengembalikan hasil operasi di sebelah kanannya
ke perintah pemanggilan function.
B. Variabel Global dan Lokal
Setiap kali kita deklarasikan suatu variabel, belum tentu variabel tersebut dikenal
di setiap function yang kita buat. Contoh:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void cetak();
void main()
{
int a;
a = 10;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
cetak();
}
void cetak()
{
a++;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
}
Ketika program di atas dicompile, akan terdapat error yaitu variabel a dalam
function cetak() undefined. Artinya bahwa variabel a tidak dikenal dalam cetak().
Variabel a hanya dikenal dalam program utama/ function main() saja. Maka
dalam hal ini variabel a disebut variabel lokal (hanya dikenal dalam function yang
di dalamnya didefinisikan a tersebut).
Selanjutnya program di atas diubah sbb:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int a;
void cetak();
void main()
{

a = 10;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
cetak();
}
void cetak()
{
a++;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
}
Apabila program di atas dijalankan maka akan tampil:
Nilai a = 10
Nilai a = 11
Pada program di atas, variabel a disebut variabel global karena variabel tersebut
dapat dikenali di setiap function yang ada.
Bagaimana dengan yang ini???
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void cetak();
void main()
{
int a;
a = 10;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
cetak();
}
void cetak()
{
int a;
cout << “Nilai a = “ << a << endl;
}
Apabila program di atas dijalankan, hasilnya adalah:
Nilai a = 10
Nilai a = 747
Hasil di atas menunjukkan bahwa meskipun nama variabelnya sama-sama a, tapi
kedua variabel a tersebut berbeda. Setiap variabel a tersebut hanya dikenali di
functionnya masing-masing (tidak terkait satu dengan yang lain).

Latihan:
1. Buatlah function yang akan memberikan nilai 1 jika nilai parameter yang
dimasukkan huruf ‘a’, dan akan memberikan nilai 0 jika nilai parameter yang
dimasukkan selain huruf ‘a’.
2. Buatlah function untuk mencari nilai fungsi f(x) = 2x2 – 3x + 1;
Parameter functionnya adalah nilai x (tipe data float/double). Return valuenya
adalah nilai f(x).
3. Buatlah function untuk membuat tampilan seperti di bawah ini:
*
* *
* * *
* *
*
Tampilan di atas muncul apabila dimasukkan n = 3.
*
* *
* * *
* * * *
* * *
* *
*
Tampilan di atas muncul apabila dimasukkan n = 4.
Parameter functionnya adalah n (tipe datanya integer).

ELEMEN DASAR C++

A. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk
menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
- Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf
- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh menggunakan karakter-karakter
~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
- Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
B. Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada dalam C++
Tipe data bilangan bulat:
- char
- int (integer)
- short (short integer)
- long (long integer)
Tipe data bilangan real:
- float (real)
- double (real double)
- long double
Selain itu terdapat juga tipe data unsigned
Tipe data bilangan bulat:
- unsigned char
- unsigned int (integer)
- unsigned short (short integer)
- unsigned long (long integer)
Tipe data unsigned mirip dengan yang bukan unsigned. Bedanya adalah tipe data
unsigned tidak mengenal bilangan negatif (nilainya selalu posisif).
C. Deklarasi Variabel
Seperti halnya Pascal, variabel yang digunakan dalam program harus
dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini yaitu mengenalkan
variabel ke program dan menentukan tipe datanya.
Berikut ini contoh pendeklarasian variabel:
int jumlah;
float harga_satuan, variabel1;
char saya, kamu;

D. Assignment
Proses assignment adalah proses pemberian nilai kepada suatu variabel yang
telah dideklarasikan.
Berikut adalah contoh assignment:
Jumlah = 10;
Harga_satuan = 23.456;
Saya = ‘B’;
Kamu = ‘2’;
Berikut ini contoh program yang menggambarkan deklarasi variabel dan
assignment.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int var1, var2, var3;
char karakter;
var1 = 10;
var2 = 5;
var3 = var1 + var2;
karakter = ‘D’;
cout << “Nilai var3 = ” << var3 << “\n”;
cout << “Nilai karakter = ” << karakter;
getch();
}
contoh berikutnya yang melibatkan tipe data real dan memformat tampilan
presisi.
#include "conio.h";
#include "iostream.h";
#include "iomanip.h";
void main()
{
clrscr();
double real;
real = 182.2182713674821746;
cout << setprecision(12);
cout << "Nilai real = " << real;
getch();
}
E. Konstanta
Untuk pendeklarasian konstanta dalam C++ mirip dengan Pascal. Sintaksnya
adalah:
const tipe_data nama_konstanta = value;

Contoh:
const float phi = 3.141592;
Berikut ini contoh program C++ untuk mencari luas dan keliling lingkaran dengan
jari-jari 7.2;
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
#include <iomanip.h>
void main()
{
const float phi = 3.141592;
float jari_jari, keliling, luas;
jari_jari = 7.2;
luas = phi * jari_jari * jari_jari;
keliling = 2 * phi * jari_jari;
cout << setpresicion(5);
cout << “Luas lingkaran adalah ” << luas << “satuan luas \n”;
cout << “Keliling lingkaran adalah ” << keliling << “satuan
panjang \n”;
getch();
}
F. Latihan
1. Buatlah program C++ untuk mencari rata-rata 5 buah bilangan 34, 56, 91,
11, 22!
2. Diketahui 3 buah lingkaran dengan posisi saling menindih seperti pada
gambar.
Jari-jari lingkaran A adalah 10 cm, jari-jari lingkaran B adalah 12 cm, dan C
adalah 14 cm. Dengan menggunakan program C++ hitunglah luas bagian
yang diarsir.
Suatu ember berbentuk tabung dengan tutupnya terbuka berisi air penuh.
Jari-jari alas ember adalah 10.5 cm, dan tingginya 5 cm. Kemudian sebuah
kerucut dengan jari-jari alas yang berbentuk lingkaran adalah 4 cm dan
tingginya 4.7 cm dimasukkan ke dalam ember. Akibatnya sebagian air dalam
ember tumpah.
Dengan menggunakan program C++ hitunglah berapa liter air yang tumpah?

OPERATOR DAN STATEMENT
A. Pengantar Operator
Operator merupakan simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk
melakukan suatu operasi atau manipulasi, misalnya untuk:
- menjumlahkan dua nilai
- memberikan nilai ke suatu variabel (assignment)
- membandingkan kesamaan dua nilai.
B. Operator Aritmatika
Operator ini digunakan untuk perhitungan dasar aritmatika. Operator ini antara
lain
Operator Keterangan Contoh
* Perkalian 2*3
/ Pembagian 7/2
% Modulo 7%2
+ Penjumlahan 5+4
- pengurangan 5-4
C. Tingkat Presedensi Operator Aritmatika
Operator yang mempunyai prioritas tinggi akan diutamakan dalam hal
pengerjaan dibandingkan dengan operator yang memiliki prioritas lebih rendah.
Berikut ini tingkat presedensi operator aritmatika (semakin ke bawah prioritas
makin rendah):
- (operator unary negatif)
* / %
+ -
D. Assignment Lanjut
Assignment merupakan proses pemberian nilai pada suatu variabel. Berikut ini
contoh-contohnya:
a = 1;
a = 2 + b;
a = 2 + (b = 1);
Contoh no. 3 di atas prosesnya adalah mula-mula b diberi nilai 1, kemudian
variabel a diisi dengan nilai penjumlahan 2 dan 1.
a = b = c = d = e = 1;

Contoh tersebut identik dengan:
e = 1;
d = e;
c = d;
b = c;
a = b;

E. Operator Increment dan Decrement
Bahasa C++ menyediakan operator yang disebut increment dan decrement.
Operator ini digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nilai suatu variabel
sebesar 1.
Operator Keterangan
++ Operator increment
-- Operator decrement
Penempatan operator tersebut dapat di awal variabel atau di belakangnya.
Contoh:
x = x + 1;
y = y – 1;
dapat ditulis
++x;
--y;
atau
x++;
y--;
Secara sekilas tak ada perbedaan antara ++x dan x++ atau --y dan y—
Perhatikan contoh berikut ini:
r = 10;
s = 10 + r++;
cout << “Nilai r = ”<< r << “\n”;
cout << “Nilai s = ”<< s << “\n”;
bandingkan dengan
r = 10;
s = 10 + ++r;
cout << “Nilai r = ”<< r << “\n”;
cout << “Nilai s = ”<< s << “\n”;
F. Operator Majemuk
C++ menyediakan operator yang dimaksudkan untuk memendekkan penulisan
operasi assignment, misalnya:
x = x + 2;

y = y * 4;
z = z / 5;
w = w – 8;
dapat ditulis
x += 2;
y *= 4;
z /= 5;
w -= 8;
G. Operator Relasional
Operator ini digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Berikut ini macammacam
operator yang termasuk jenis ini.
Operator Keterangan
== Sama dengan (bukan assignment)
!= Tidak sama dengan
> Lebih besar
< Lebih kecil
>= Lebih besar atau sama dengan
<= Lebih kecil atau sama dengan
Hasil operasi relasi ini dihasilkan nilai benar atau salah.
Contoh:
nilai1 = 3 > 2;
nilai2 = 15 == 16;
cout << “Nilai1 = ”<< nilai1 << “\n”;
cout << “Nilai2 = ”<< nilai2 << “\n”;
Hasil program di atas akan menampilkan nilai1 adalah 1 (benar) dan nilai2
adalah 0 (salah).
H. Operator Logika
Operator ini digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih statement. Biasanya
statement yang dihubungkan merupakan operasi relasional. Operator logika juga
menghasilkan nilai logika benar atau salah. Macam-macamnya adalah:
Operator Keterangan
&& AND
|| OR
! NOT (negasi)
Contoh:
nilai1 = (3 > 2) && (4 < 10);
nilai2 = !(15 == 15);
cout << “Nilai1 = ”<< nilai1 << “\n”;
cout << “Nilai2 = ”<< nilai2 << “\n”;

Setelah di run, dihasilkan nilai1 adalah 1 (benar) dan nilai2 adalah 0 (salah)
I. Fungsi-fungsi Matematika
C++ menyediakan beberapa fungsi khusus untuk perhitungan matematika.
Fungsi-fungsi ini memerlukan file header math.h
Fungsi Keterangan
abs(x) Mencari nilai mutlak
cos(x), sin(x), tan(x) Mencari nilai cos, sin, tan (x dalam radian)
exp(x) Mencari nilai ex
log(x) Mencari nilai log
pow(x,y) Mencari nilai xy
sqrt(x) Mencari nilai akar kuadrat dari x
 
Input dan Output
A. Cin
Dalam C++, perintah cin digunakan untuk menginput suatu nilai dari suatu
piranti masukan (keyboard) untuk selanjutnya diproses oleh program.
Sintaknya adalah:
cin >> variabel;
contohnya:
cout << “Masukkan suatu bilangan : ”;
cin >> bil;
cout << “Anda memasukkan bilangan “ << bil “\n”;
B. getch()
Perintah getch() berfungsi sama seperti cin (perintah input), akan tetapi getch()
khusus untuk input berupa karakter. Disamping itu getch() dapat membaca input
berupa spasi atau tab, sedangkan cin tidak bisa.
Sintaksnya:
Variabel = getch();
Fungsi ini juga dapat digunakan apabila tidak diinginkan penekanan ENTER ketika
input data karakter.
C. getche()
Perintah getche() kegunaannya sama dengan getch(), bedanya adalah:
- getch() tidak menampilkan karakter yang diiinput
- getche() menampilkan karakter yang diinput
fungsi getch() dan getche() sama-sama membutuhkan file header conio.h
Berikut ini contoh penggunaan getch() dan getche()
char karakter;
cout << “masukkan sebuah karakter : “;
karakter = getch();
cout << “Anda mengetik karakter : ” << karakter;
cout << “masukkan sebuah karakter : “;
karakter = getche();
cout << “Anda mengetik karakter : ” << karakter;
NB:
Untuk input berupa string, akan dibahas di chapter yang lain.

D. cout
Dalam c++, perintah cout digunakan untuk menampilkan suatu informasi ke
piranti output (layar). Contoh-contoh penggunaannya telah banyak diberikan di
bab-bab sebelumnya. Berikut ini perintah-perintah tambahan untuk mengatur
tampilan output.
- endl
Perintah ini berfungsi sama dengan \n (ganti baris)
Contoh:
cout << “Hallo” << endl;
- setw()
Perintah ini digunakan untuk mengatur lebar tampilan data (rata kanan).
Contoh:
A = 123;
B = 98;
C = 1;
cout << “Nilai A = “ << setw(6) << A << endl;
cout << “Nilai B = “ << setw(6) << B << endl;
cout << “Nilai C = “ << setw(6) << C << endl;
Bandingkan bila tanpa menggunakan setw().
- setfill()
Perintah setfill digunakan untuk menambahkan suatu karakter tertentu pada
field yang kosong pada suatu data. Perhatikan contoh berikut ini
A = 123;
B = 98;
cout<< “Nilai A = “<< setw(6) << setfill(‘*’) << A << endl;
cout<< “Nilai B = “<< setw(6) << setfill(‘.’) << B << endl;
Perintah setfill() biasanya digunakan setelah penggunaan setw().
- setprecision()
Telah dijelaskan di bab sebelumnya.
NB:
Perintah-perintah tambahan pada cout di atas memerlukan file header iomanip.h
supaya dapat digunakan.

Lab Session
1. Buatlah program menggunakan C++ untuk menentukan harga barang setelah
di diskon dengan tampilan sbb:
Masukkan harga barang : Rp. 150000
Masukkan discount (%) : 12.5
----------------------------------------------
Harga barang : Rp. 150000
Besar diskon : Rp. 18750
------------------ -
Harga bersih : Rp. 131250
2. Buatlah program C++ untuk menghitung jarak peluru yang ditembakkan dari
suatu lokasi dengan sudut penembakan xo, dan kecepatan awal peluru Vo.
Diketahui besar Pi = 3.141593 dan besar percepatan gravitasi (g) adalah 9.8
m/s2.
Input : x (dalam derajad), Vo (dalam m/s).
Output : jarak peluru (dalam meter)
Hint: Gunakan rumus S = 2 Vo sin(x) cos(x)/g
 
 STATEMENT CONTROL

A. Statement IF
Seperti halnya Pascal, perintah IF dalam C++ juga digunakan untuk menyatakan
pernyataan kondisional (bersyarat).
Sintaks sederhana IF adalah
if (kondisi)
statement;
Statement pada sintaks di atas akan dilakukan jika kondisinya bernilai TRUE
(tidak sama dengan nol).
Apabila statement yang akan dilakukan lebih dari satu, maka sintaksnya menjadi
if (kondisi)
{
statement1;
statement2;
..}
Contoh sederhana penggunaan IF adalah untuk menentukan boleh tidaknya
seseorang melihat film bioskop. Seseorang diperbolehkan menonton jika usianya
17 tahun ke atas. Berikut ini program C++ nya:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int usia;
clrscr();
cout << “Berapa usia Anda : “;
cin >> usia;
if (usia < 17)
cout << “Anda tidak boleh menonton bioskop”;
}
Statement IF juga dapat ditambahkan ELSE sebagai konsekuensi alternatif jika
kondisi tidak dipenuhi (FALSE). Sintaksnya:
if (kondisi)
{
statement1;
statement2;
..}
else {
statement1;

statement2;
}
Anda dapat modifikasi program C++ untuk menentukan boleh tidaknya seseorang
menonton bioskop seperti di bawah ini:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int usia;
clrscr();
cout << “Berapa usia Anda : “;
cin >> usia;
if (usia < 17)
cout << “Anda tidak boleh menonton bioskop”;
else cout << “Anda boleh menonton bioskop”;
}
Untuk menyatakan kondisi (syarat) yang akan dicek pada IF, Anda dapat
menggunakan operator logika dan operator relasional seperti yang telah
dijelaskan pada bab sebelumnya. Perhatikan contoh di bawah ini!
if ((a >= 2) && (b == 3))
{..}
Jangan Anda tuliskan
if (a >= 2) && (b == 3)
{..}
atau
if ((a >= 2) && (b = 3))
{..}
Perintah b = 3 merupakan assignment bukan relasional.
Catatan penting:
C++ selalu memperlakukan nilai tidak sama dengan nol sebagai TRUE dan nilai
nol sama dengan FALSE. Oleh karena itu, dua perintah di bawah ini adalah
identik.

if (bil % 2 != 0)
cout << “Bilangan ganjil”;
if (bil % 2)
cout << “Bilangan ganjil”
Selain itu, IF juga dapat berbentuk seperti di bawah ini.
if (kondisi1)
statement1;
else if (kondisi2)
statement2;
else if (kondisi3)
statement3;
..
else statement;
Anda tahu kan maksudnya?
Latihan:
Buatlah program dengan C++ untuk menentukan hari menggunakan IF. Desain
tampilannya sbb:
PROGRAM MENENTUKAN NAMA HARI
Pilihan:
A = SENIN C = RABU E = JUM’AT G = AHAD
B = SELASA D = KAMIS F = SABTU
Masukkan Kode Hari (A..G) :
Skenario:
Apabila kode hari yang dimasukkan A s/d G, maka selanjutnya akan tampil nama
hari sesuai kodenya. Tapi apabila selain 1 s/d 7, maka akan tampil “MAAF KODE
HARINYA SALAH”. Kode hari harus bisa juga membaca huruf kecil, artinya jika
kode harinya ‘a’, maka akan tampil SENIN, dst.
B. Statement SWITCH
Statement SWITCH juga berfungsi sama dengan IF. Perintah SWITCH sama
dengan perintah CASE OF dalam PASCAL.
Sintaks:
switch (variabel)
{
case value1 : statement1;
break;
case value2 : statement2;
break;
..

default : statement; /* optional */
break;
}
contoh penggunaan:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int bil;
clrscr();
cout << “Masukkan bilangan : “;
cin >> bil
switch (bil)
{
case 1 : cout << “Anda memasukkan bil. satu”;
break;
case 2 : cout << “Anda memasukkan bil. dua”;
break;
case 3 : cout << “Anda memasukkan bil. tiga”;
break;
default: cout << “Anda memasukkan bil selain 1, 2, dan 3”;
break;
}
}
Selanjutnya coba kalian hapus semua break program di atas dan kalian jalankan.
Apa yang terjadi?? Keanehan akan muncul. Why ??
Latihan:
Dengan soal yang sama dengan latihan sebelumnya, kalian coba buat program
C++ nya menggunakan SWITCH.
C. Statement FOR
Statement FOR digunakan untuk menyatakan perulangan (seperti PASCAL).
Sintaksnya:
for (ungkapan1; ungkapan2; ungkapan3)
{
.
.
}
- Ungkapan1 merupakan statement awal (inisialisasi)
- Ungkapan2 merupakan kondisi/syarat perulangan dilakukan
- Ungkapan3 merupakan statement control untuk perulangan

Contoh:
for (a = 1; a <= 5; a++)
{
cout << “Hello world \n”;
}
NB: tipe data variabel a adalah integer
Perintah di atas akan menampilkan teks Hello World sebanyak 5 buah. Perhatikan
tanda a++. Apa maksudnya?
Selain berupa angka, pencacah perulangan juga dapat berupa karakter. Contoh
for (huruf = ‘Z’; huruf >= ‘A’; huruf--)
{
cout << “Huruf abjad= “ << huruf << “\n”;
}
Perintah di atas akan menampilkan teks Huruf abjad = ... mulai dari Z sampai
dengan A. Perhatikan perintah huruf--
for (angka = 1; angka <= 6; angka+=2)
{
cout << “Isi dari angka = “ << angka << endl;
}
Perintah di atas akan menampilkan angka 1, 3, 5. Kok bisa? Perhatikan perintah
angka+=2.
Di bawah ini adalah program untuk mencetak bilangan genap yang kurang dari n
(n diperoleh dari input).
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int bil, n;
cout << “Masukkan n = “;
cin >> n;
for (bil = 0; bil < n; bil++)
{
if (bil % 2 == 0) cout << bil << “ ”;
}
}
Latihan:
Buatlah program C++ untuk membuat tampilan segitiga seperti di bawah ini
menggunakan FOR.
*
* *
* * *
* * * *
* * * * *

..
dst
Inputnya merupakan tinggi segitiga.
D. Statement WHILE
Statement WHILE juga digunakan untuk menyatakan perulangan. Penggunaannya
mirip pada PASCAL. Sintaksnya:
while (kondisi)
{..}
contoh:
Dua perintah di bawah ini adalah identik.
for (a = 1; a <= 5; a++)
{
cout << “Hello world \n”;
}
dengan
a = 1;
while (a <= 5)
{
cout << “Hello world \n”;
a++;
}
Penting!!!
Jika Anda menggunakan WHILE, pastikan bahwa suatu saat bagian kondisi
sampai bernilai FALSE. Apabila tidak, proses perulangan akan terus berjalan
selamanya.
Contoh program di bawah ini digunakan untuk menjumlahkan sejumlah data
angka. Angka yang akan dijumlahkan diinputkan satu-persatu. Proses pemasukan
data angka akan berhenti ketika dimasukkan angka –1. Setelah itu tampil hasil
penjumlahannya.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int data, jumlah,cacah;
jumlah = 0;
data = 0;
cacah = 0;
while (data != -1)

{
cout << “Masukkan data angka : “;
cin >> data;
jumlah += data;
cacah++;
}
cout << “Jumlah data adalah : “ << jumlah” << endl;
cout << “Rata-rata : ” << jumlah/cacah;
}
Kondisi dalam WHILE juga dapat menggunakan operator logika. Misalnya
while ((kondisi1) && (kondisi2))
{..}
Latihan:
Buatlah simulasi menu program dengan tampilan di bawah ini menggunakan
WHILE.
MENU PILIHAN
1. Baca Data
2. Ubah Data
3. Hapus Data
4. Exit
Pilihan Anda (1/2/3/4) ? ...
Apabila dipilih menu no 1, maka akan tampil teks “Anda memilih menu 1”.
Demikian pula untuk menu 2 dan 3. Kemudian setelah itu muncul teks “Tekan
ENTER untuk kembali ke menu utama”. Artinya begitu kita tekan ENTER menu
pilihan akan muncul kembali, dst. Akan tetapi bila yang dipilih menu 4 (EXIT),
program langsung berhenti.
E. Statement DO ... WHILE
Perintah DO ... WHILE hampir sama dengan WHILE sebelumnya. Sintaknya:
do
{
.
.
}
while (kondisi);
Perbedaan dengan WHILE sebelumnya yaitu bahwa pada DO WHILE statement
perulangannya dilakukan terlebih dahulu baru kemudian di cek kondisinya.
Sedangkan WHILE kondisi dicek dulu baru kemudia statement perulangannya
dijalankan. Akibat dari hal ini adalah dalam DO WHILE minimal terdapat 1x

perulangan. Sedangkan WHILE dimungkinkan perulangan tidak pernah terjadi
yaitu ketika kondisinya langsung bernilai FALSE.
Contoh:
a = 1;
do
{
cout << “Hello world \n”;
a++;
}
while(a==0)
Perintah di atas akan muncul satu buah Hello World. Bandingkan dengan yang
berikut ini:
a = 1;
while(a==0)
{
cout << “Hello world \n”;
a++;
}
Perintah di atas sama sekali tidak menampilkan Hello World, karena kondisinya
langsung FALSE.
TUGAS:
1. Buatlah program dengan C++ untuk menampilkan semua penyelesaian dari
persamaan x + y + z = 20.
Dengan x, y, z bilangan bulat >= 0.
Contoh tampilan outputnya:
-----------------------------
x y z
-----------------------------
0 0 20
0 1 19
0 2 18
dst

2. Seseorang punya rekening tabungan di bank sebesar Rp. 10.000,- (saldo
awal). Selanjutnya ia dapat menyetor atau mengambil tabungannya. Buatlah
program dengan C++ untuk keperluan transaksi di bank tsb. Tampilan menu
utamanya sbb:
--------------------------------------
PT. BANK SYARIAH BENERAN
--------------------------------------
Saldo : ....
Menu Transaksi
1. Setor Tabungan
2. Ambil Tabungan
3. Exit
Pilihan menu (1/2/3) ? ...
Ketentuan:
Bank membuat kebijakan bahwa saldo minimum yang harus disisakan di
rekening adalah Rp. 10.000,-
 
 Operasi File

Operasi dasar file pada prinsipnya terbagi menjadi 3 tahap, yaitu:
- membuka atau mengaktifkan file
- melaksanakan pemrosesan file
- menutup dile
A. Membuka file
Sebelum suatu file dapat diproses, file harus dibuka terlebih dahulu. Sebelum file
dibuka, terlebih dahulu obyek file harus didefinisikan. Sintaksnya:
ofstream nama_obyek;
perintah ofstream dapat dijalankan dengan menyertakan file header fstream.h
Setelah itu, suatu file dapat dibuka dengan perintah
nama_obyek.open(“nama file dan path”);
B. Menulis ke File
Salah satu jenis pemrosesan pada file adalah menulis atau merekam data ke file.
Sintaknya:
nama_obyek << ... ;
C. Menutup File
Setelah pemrosesan file selesai, file dapat ditutup menggunakan perintah
nama_obyek.close();
Contoh 1.
Program berikut ini untuk menulis teks ke dalam file
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
void main()
{
ofstream fileteks;
fileteks.open(“C:/algo.txt”);
fileteks << “Untuk mencapai tujuan yg besar, maka tujuan itu”
<< endl;
fileteks << “harus dibagi-bagi menjadi tujuan kecil”<< endl;
fileteks << “sampai tujuan itu merupakan tujuan yg dapat “
<< “dicapai” << endl;
fileteks << “berdasarkan kondisi dan potensi yg dimiliki saat “
<< itu “ << endl;
fileteks.close();
}
perintah fileteks.open(“C:/algo.txt”); akan membuka file algo.txt yang ada di C:\
Apabila file tersebut belum ada maka akan dibuat secara otomatis, dan apabila
sudah ada isi file algo.txt akan terhapus.
D. Menambah Data pada File
Suatu file yang sudah ada sebelumnya dapat ditambah data yang baru (tidak
menghapus data lama). Caranya dengan menambahkan perintah ios::app pada
open().
nama_obyek.open(“nama file”, ios::app);
Contoh 2.
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
void main()
{
ofstream fileteks;
fileteks.open(“C:/algo.txt”, ios::app);
fileteks << endl;
fileteks << “Oleh: Al Khowarizmi << endl;
fileteks.close();
}
E. Memeriksa Keberhasilan Operasi File
Tidak selamanya jalan yang mulus ditemui. Ada kemungkinan terjadi saat file
dibuka, ternyata file tidak ada. Dalam C++ tersedia function untuk memeriksa
kondisi-kondisi pada operasi file, sehingga kesalahan saat eksekusi dapat
dikendalikan.
Function yang dimaksud adalah fail().
Contoh 3:
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
void main()
{
ifstream fileteks; { ifstream digunakan u/ membaca file }
fileteks.open(“C:/algo.txt”);
if (fileteks.fail()) cout << “Maaf file takdapat dibuka/”
<< “tidak ditemukan”;
fileteks.close();
}
F. Operasi Berbasis Karakter
Operasi file dapat dilakukan dalam bentuk karakter. Misalnya proses
penyimpanan data ke file dilakukan setiap karakter, atau membaca data file
karakter per karakter. Operasi ini didukung oleh function put() dan get().
Contoh 4:
Program untuk menyimpan data karakter per karakter ke dalam file.
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
void main()
{
ofstream fileteks;
fileteks.open(“C:/contoh.txt”);
fileteks.put(‘A’);
fileteks.put(‘B’);
fileteks.put(‘C’);
fileteks.close();
}
Contoh 5.
Program untuk membaca file karakter per karakter
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
void main()
{
char karakter;
ifstream fileteks; {}
fileteks.open(“C:/contoh.txt”);
while(!fileteks.eof())
{
fileteks.get(karakter);
cout << karakter;
}
fileteks.close();
}
Latihan.
1. Buatlah program C++ untuk menghitung jumlah karakter dalam suatu file.
Inputnya adalah nama file dan pathnya.
2. Buatlah program C++ untuk menghitung jumlah karakter tertentu, misalnya
karakter ‘A’. Input berupa nama file dan karakter yang akan dihitung.
3. Misalkan suatu file teks berisi listing program C++. Buatlah program untuk
menghitung pasangan kurung kurawal yang ada pada file teks tersebut.
4. Buatlah program C++ untuk melakukan enkripsi shift chiper suatu file teks
(dengan asumsi semua karakter huruf adalah huruf kapital). Inputnya adalah
file teks yang akan dienkripsi dan besar pergeseran (integer). Outputnya
adalah file teks hasil enkripsi.
Hint:
Ide dasar shift chiper adalah mengubah setiap karakter huruf ke karakter
huruf lain. Misalkan pergeserannya 2, maka berikut ini karakter hasil enkripsi
awal A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
hasil C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B
Sehingga misal diberikan suatu teks C++ IS EASY, maka hasil enkripsinya
adalah E++ KU GCUA
 
 CLASS

Class merupakan struktur data dari obyek. Untuk menjelaskan tentang class, lihat
perbandingannya dengan struktur berikut ini:
Perhatikan program di bawah ini:
Contoh 1.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
struct mahasiswa
{
char nim[8];
char nama[20];
int umur;
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3;
strcpy(mhsd3.nim, “M0197001”);
strcpy(mhsd3.nama, “Burhanudin Harahap”);
mhsd3.umur = 20;
cout << mhsd3.nim << endl;
cout << mhsd3.nama << endl;
cout << mhsd3.umur << endl;
}
Setelah program di atas dicompile, error tidak ada.
Berikutnya struktur di atas kita ganti dengan class, menjadi
Contoh 2.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
class mahasiswa
{
char nim[8]; char nama[20];
int umur;
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3;
strcpy(mhsd3.nim, “M0197001”);
strcpy(mhsd3.nama, “Burhanudin Harahap”);
mhsd3.umur = 20;
cout << mhsd3.nim << endl;
cout << mhsd3.nama << endl;
cout << mhsd3.umur << endl;
}
setelah program di atas di compile, ternyata error muncul. Error tersebut muncul
karena class tidak dikenal dalam main(). Kesalahan ini sekaligus menunjukkan
perbedaan dengan struktur.
Penggunaan PUBLIC
Agar program di atas dapat dicompile, ditambahkan perintah public diikuti dengan
tanda titik dua (:), sehingga programnya menjadi
Contoh 3.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
class mahasiswa
{
public:
char nim[8];
char nama[20];
int umur;
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3;
strcpy(mhsd3.nim, “M0197001”);
strcpy(mhsd3.nama, “Burhanudin Harahap”);
mhsd3.umur = 20;
cout << mhsd3.nim << endl;
cout << mhsd3.nama << endl;
cout << mhsd3.umur << endl;
}
Perintah PUBLIC menyatakan bahwa perintah-perintah yang ada di bawahnya dapat
diakses diluar class. Perintah PUBLIC merupakan termasuk access specifier (penentu
akses). Selain PUBLIC, terdapat perintah lain yang termasuk access specifier, yaitu
PRIVATE.
Contoh 4.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
class mahasiswa
{
private:
char nim[8];
char nama[20];
int umur;
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3;
strcpy(mhsd3.nim, “M0197001”);
strcpy(mhsd3.nama, “Burhanudin Harahap”);
mhsd3.umur = 20;
cout << mhsd3.nim << endl;
cout << mhsd3.nama << endl;
cout << mhsd3.umur << endl;
}
Setelah dicompile, error yang sama dengan sebelumnya muncul yaitu class tidak
dapat diakses di main().
Perintah PRIVATE memberi pengertian bahwa perintah yang ada dibawahnya hanya
dapat diakses dalam class tersebut, yang dalam hal ini adalah class mahasiswa.
variabel nim, nama, dan umur dalam class mahasiswa disebut data anggota. Selain
data anggota, kita juga dapat menambahkan fungsi anggota.
Contoh 5.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
class mahasiswa
{
private :
char nim[8];
char nama[20];
int umur;
public :
void inisialisasi(char *NIMMHS, char *NAMAMHS, int UMURMHS)
{
strcpy(nim, NIMMHS);
strcpy(nama, NAMAMHS);
umur = UMURMHS;
}
void tampilkan()
{
cout << nim << endl;
cout << nama << endl;
cout << umur << endl;
}
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3;
mhsd3.inisialisasi(“M0197001”, “Burhanudin Harahap”, 20);
mhsd3.tampilkan();
}
Pada program di atas, fungsi inisialisasi() dan tampilkan() merupakan fungsi
anggota dari class mahasiswa. Keduanya dibuat public karena akan diakses dari
luar class, sedangkan data anggotanya (nim, nama, umur) dibuat private.
Mungkin Anda berpikir mengapa program terakhir (contoh 5) terlalu panjang,
padahal akan diperoleh hasil yang sama dengan program sebelumnya (contoh 1).
Anda memang benar, tapi contoh 5 ini merupakan cara pemrograman berorientasi
obyek (PBO).
Perhatikan program contoh 5, khususnya pada kedua fungsi anggota. Kedua fungsi
tidak punya prototype. Kita juga dapat memberikan prototype yang merupakan cara
kedua dalam penulisan.
Contoh 6.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
class mhs
{
private :
char nim[8];
char nama[20];
int umur;
public :
void inisialisasi(char *NIMMHS, char *NAMAMHS, int UMURMHS);
void tampilkan();
};
void main()
{
mhs mhsd3;
mhsd3.inisialisasi(“M0197001”, “Burhanudin Harahap”, 20);
mhsd3.tampilkan();
}
void mhs::inisialisasi(char *NIMMHS, char *NAMAMHS, int UMURMHS)
{
strcpy(nim, NIMMHS);
strcpy(nama, NAMAMHS);
umur = UMURMHS;
}
void mhs::tampilkan()
{
cout << nim << endl;
cout << nama << endl;
cout << umur << endl;
}
Cara kedua inilah yang sering dipilih oleh para programmer C++.
Berikut ini contoh-contoh program yang memanfaatkan class
Contoh 7.
Program untuk menyimpan data n data mahasiswa kemudian menampilkannya.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>
class mahasiswa
{
public:
char nim[20];
char nama[50];
int umur;
void tampilkan(char *NIMMHS, char *NAMAMHS, int UMURMHS)
{
cout << "NIM MHS : " << NIMMHS << endl;
cout << "NAMA MHS : " << NAMAMHS << endl;
cout << "UMUR : " << UMURMHS << endl;
}
};
void main()
{
mahasiswa mhsd3[50]; { tipe data array }
char temp[10]; int n, i;
clrscr();
cout << "<< ENTRI DATA MAHASISWA D3 " << endl;
cout << endl;
cout << "Jumlah mahasiswa : ";
cin.getline(temp, sizeof(temp));
n = atoi(temp);
for (i=0;i<=n-1;i++)
{
cout << "DATA - " << i+1 << endl;
cout << "NIM MAHASISWA : " ;
cin.getline(mhsd3[i].nim, sizeof(mhsd3[i].nim));
cout << "NAMA MAHASISWA : " ;
cin.getline(mhsd3[i].nama, sizeof(mhsd3[i].nama));
cout << "UMUR : ";
cin.getline(temp, sizeof(temp));
mhsd3[i].umur = atoi(temp);
cout << endl;
}
// tampilkan semua data
cout << "-------------------------" << endl;
cout << "DATA YANG MASUK" << endl;
cout << "-------------------------" << endl;
for (i=0;i<=n-1;i++)
{
cout << "DATA MAHASISWA " << i+1 << endl;
mhsd3[i].tampilkan(mhsd3[i].nim, mhsd3[i].nama, mhsd3[i].umur);
cout << endl;
}
getch();
}
Contoh 8.
Program untuk menjumlahkan dan mengurangkan 2 buah bilangan kompleks.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class kompleks
{
private:
float real;
float imajiner;
public:
void tambah(float real1, float imajiner1, float
real2, float imajiner2)
{
real = real1 + real2;
imajiner = imajiner1 + imajiner2;
}
void kurangi(float real1, float imajiner1,
float
real2, float imajiner2)
{
real = real1 - real2;
imajiner = imajiner1 - imajiner2;
}
void tampilkan()
{
cout << "Hasilnya adalah : " << real << "+ "
<< imajiner << 'i' << endl;
}
};
void main()
{
clrscr(); kompleks bilkompleks;
float el_real1, el_real2, el_imaj1, el_imaj2;
cout << "Bilangan Kompleks pertama" << endl;
cout << "Elemen real : ";
cin >> el_real1;
cout << "Elemen imajiner : ";
cin >> el_imaj1;
cout << "Bilangan Kompleks kedua" << endl;
cout << "Elemen real : ";
cin >> el_real2;
cout << "Elemen imajiner : ";
cin >> el_imaj2;
bilkompleks.tambah(el_real1,el_imaj1,el_real2,el_i maj2);
bilkompleks.tampilkan();
bilkompleks.kurangi(el_real1,el_imaj1,el_real2,el_ imaj2);
bilkompleks.tampilkan();
getch();
}
 
contoh kerangka umum:
//pada C++ lama
#include <iostream.h>

int min() {
...
return 0;
}

//Klo C++ modern
#include <iostream>

using namespace std;

int main() {
...
return 0;
}
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA 1 (Kalimat Efektif)

Mesin Turing

Algoritma Dijkstra