Sistem Informasi Manajemen (SOFSKILL) BETTY YUDHA

KUALITAS INFORMASI
Istilah kualitas informasi
(quality of information)
terkadang juga dipakaiuntuk menyatakan informasi yang baik, dari sekian karakteristik yang telahdibahas, kualitas informasi sering kali diukur berdasarkan :

Aman (Secutiy)

Tepat Waktu (Timeliness)

Akurat (Accurate)

Terkait (Relevance)

Lengkap (Completeness)

Korektif (Corectness)

Jelas (Clearly)sering dikenal dengan istilah STAR-C3
INFORMASI untuk MANAJEMEN
Salah satu pemakai yang paling banyak menggunakan informasi dalamsuatu organisasi adalah pihak manajemen. Informasi yang dibutuhakan bisa
16

berasal dari pihak internal maupuneksternal, dalambentuk formal ataupuninformal, berdasarkan laporan ataupun komputer.Informasi yang dibutuhkan oleh manajer bisa dibagi menjadi 6 kategori,yaitu :
1.
Informasi Penyejuk

(Comfort Information)
adalah informasi keadaansekarang yang merangkum keadaan umum bisnis atau organisasi.Misalnya, berisi ringkasan penjualan atau produksi terakhir. Informasi inibiasanya tidak banyak digunakan, tetapi membantu manajer merasaaman terhadap operasi yang telah berlangsung.
2.
Peringatan

(Warning)
berisi penunjuk terhadap sesuatu yang tidak biasaatau barangkali memerlukan tindakan manajerial atau perubahan-perubahan renacana. Idealnya, manajer seharusnya menerimaperingatan-peringatan sedini mungkin sehingga cukup waktu untukmelakukan tindakan sebelum masalah penting yang tidak diharapkanterjadi.
3.
Indikator Kunci

(Key Indicator)
berisi ukuran aspek-aspek penting yangberkaitan dengan kinerja organisasi, seperti level keluhan pelanggan,yang digunakan untuk memelihara pengendalian perusahaan danmengidentifikasi permasalahan.
4.
Informasi Situasional

(Situational Information)
adalah informasi terkinitentang proyek, masalah, atau isu penting yang memerlukan perhatianmanajer.
5.
Gosip
adalah informasi informal yang berasal dari sumber seperti pihakindustri yang terkadang berguna untuk menangani suatu masalah.
6.
Informasi Eksternal

(External Information)
adalah informasi yang berasaladari luar departemen atau perusahaan. Kadangkala informasi ini masihhangat dan berjangka pendek (missalnya adanya penandatanganankontrak oleh kompetitor), tetapi kadangkala berjangka panjang (misalnyastudi lingkungan yang dilakukan lima tahun terakhir).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA 1 (Kalimat Efektif)

PENGERTIAN, CONTOH KATA ABSTRAK DAN KATA KONKRET

Algoritma Dijkstra