PROSESOR PENTIUM

1. Prosesor Pentium 4 – Mengaktifkan Powersave

PC saya dilengkapi dengan prosesor Pentium 4 baru. Namun, fan standar yang terpasang membuat suara yang mengganggu.

Jawab: Sebelum memutuskan untuk membeli sistem pendingin yang lebih baik, sebaiknya manfaatkan terlebih dahulu fasilitas “Enhanced Speedstep” dari Pentium 4 (3.2 GHz). Fungsi ini merupakan solusi penghemat arus yang dapat mengatur clock frekuensi dan kinerja prosesor. Hanya saat beban penuh saja, prosesor bekerja maksimal. Misalnya saat memainkan game 3D. Saat berselancar, kinerja prosesor otomatis menurun sampai ke 2.8 GHz. Kipas pun tidak bekerja bising.

dr-chip-01

Bising berkurang: Power schemes diatur ulang agar prosesor Pentium 4 mengaktifkan teknologi penghemat arus.

Untuk mengaktifkan fasilitas “Enhanced Speedstep”, buka “Control Panel | Power Options”. Selanjutnya, pada tab “Power Scheme”, pilih “Portable/Laptops” (walaupun sebenarnya merupakan Desktop PC). Sekarang, prosesor bekerja sesuai kebutuhan PC. Anda bisa menggunakan freeware “CPU-Z” untuk memeriksanya.
2. Notebook – Notebook Tua dengan USB 2.0 dan Tanpa Pengganti Power Supply

Kondisi notebook lama saya masih baik. Hanya saja masih dilengkapi interface USB 1.1 sehingga koneksi ke external hard drive atau DVD burner masih lambat.

Jawab: Di toko peralatan PC biasanya tersedia expansion card USB 2.0 untuk dipasang di slot PC-Card. Dengan expansion card ini, Notebook Anda dapat menggunakan kemampuan USB 2.0. Masalahnya hanya pada arus listrik karena PC-Card menggunakan 3.3 volt. USB Stick dan peranti kecil lain memang dapat menggunakannya. Namun, untuk peranti seperti external hard drive atau DVB-T Controller membutuhkan tegangan sebesar 5 volt. Oleh karena itu expansion card ini harus dilengkapi dengan power supply tersendiri.

Upgrade: PC-Card dapat menambah USB 2.0 pada Notebook lama. Power supply tambahan tidak diperlukan.

Solusi lain tanpa menggunakan power supply tambahan ini dapat dilakukan dengan meminjam tegangan dari USB 1.0 yang lama. Untuk itu, diperlukan solder, tang, sebuah USB-kabel yang tidak terpakai dan jack tegangan yang cocok (3.5 mm diameter-luar, 1.35 mm diameter-dalam). Caranya, potong konektor tipe B dari kabel USB yang tidak terpakai tadi (bukan ujung konektor yang dicolokkan ke USB Port Notebook). Lalu, sambungkan kabel merah ke pin positif pada jack tegangan (kontak bagian dalam) dan kabel hitam ke pin negatif pada jack tegangan (kontak bagian luar). Lipat saja kabel data USB kabel tersebut (warna hijau dan putih).

Perhatikan bahwa beberapa produk tidak mengikuti aturan standar untuk kabel USB ini. Sebaiknya periksa dengan multimeter semua konektor sebelum melakukan modifikasi ini. Diagram tegangan pada PC-Card 3biasanya tercetak di balik PC-Card tersebut
3. Notebook – Menampilkan Gambar Berwarna pada TV-Output

Notebook saya memiliki konektor TV-Out. Akan tetapi mengapa tampilannya tidak berwarna alias hitam-putih?

Jawab: Kemungkinan TV-Out pada notebook Anda berbasis NTSC sehingga tidak cocok dengan standar TV. Beberapa TV hanya mendukung satu standar saja. Saat dihubungkan ke TV, format yang ditampilkan bisa diubah. Untuk itu, buka “Control Panel” dan pilih tab “Settings”. Apabila TV-Out sudah digunakan, akan muncul dua icon yang merupakan simbol untuk Display Adapter dan TV. Lalu, klik tombol “Advanced” untuk membuka dialog “Properties” dari layar yang digunakan. Dari sini, prosedurnya terbagi dua. Jika menggunakan card ATI, klik tab “Display”, kemudian klik tombol “TV” pada jendela berikutnya. Dialog “TV-Properties” terbuka. Pada tab “Format”, pilih “PAL-B” dari daftar list “TV-Standard”.

Jika menggunakan card NVIDIA, pilih tab dari nama graphics card, misalnya tab “GeForce Go 6600″. Selanjutnya, pilih option “Digital Flat Panel/TV” untuk pilihan “Primary Display” dan “Secondary Display”. Lalu, tandai icon TV yang terlihat dan klik “Device Settings”. Sebuah context menu muncul. Saat pointer mouse mengarah ke option “Select TV-Format”, muncul jendela untuk memilih standar TV yang diinginkan. Pilih saja “B/PAL”.
4. Barebone – Mencegah Shuttle SPC Crash

Saya baru saja membeli Barebone Suttle XPC. Walaupun sudah dipasang dengan benar, tetapi proses booting bermasalah. Sistem selalu hang.

Penuh perasaan: Baut pengencang Heatpipe dan kipas prosesor cukup dikencangkan dengan tangan saja.

Jawab: Kemungkinan prosesor mengalami kepanasan karena sistem pendingin tidak berfungsi baik. Semua seri XPC mengombinasikan sistem Heatpipe, kecuali seri prosesor soket 370. Heatpipe ini dikencangkan dengan 4 baut khusus di bagian belakang casing. Jika baut diputar terlalu kencang dan tidak seimbang, Heatpipe dapat tertarik dan heatsink tidak lagi mengenai prosesor. Oleh sebab itu, baut ini cukup dikencangkan dengan tangan saja, jangan dengan obeng.
5. Printer Laser – Mengoreksi Offset halaman pada cetakan Double Side

Saya punya printer laser warna Samsung CLP-510. Printer ini dilengkapi dengan Duplex Unit. Kadangkala, saya ingin agar baris cetakan untuk halaman depan dan belakang tidak overlap, melainkan memakai offset. Sayangnya, saya tidak menemukan informasi bagaimana mengatasi offset ini.

Jawab: Fungsi untuk mengoreksi offset halaman ini tersedia dalam menu hardware Printer itu sendiri. Melalui menu “Menu | Layout | Border doubles-sided”, tersedia dua kolom input untuk mengatur jarak margin atas dan kiri (dalam mm) pada halaman belakang. Untuk hasil cetakan yang lebih akurat, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA 1 (Kalimat Efektif)

PENGERTIAN, CONTOH KATA ABSTRAK DAN KATA KONKRET

Algoritma Dijkstra