Tuan Lokomotif dan dongeng-dongeng lain TUGAS 2 SIM2

Renny Yaniar, adalah nama yang terkenal sebagai penulis cerita anak. Namanya merupakan jaminan mutu untuk cerita-cerita yang ditulisnya. Sampai saat ini ia sudah menulis sekitar 275 cerita berupa cerpen, dongeng, cergam dan komik. Semua itu dimuat di Majalah Bobo, Ananda, Suara Pembangunan, Bocil, Mombi, dan Kompas Anak. Sampai saat ini, Renny sudah menulis 32 buku cerita bergambar dan satu novel. Pada bulan Juni 2002, salah satu bukunya yang berjudul Lautan Susu Coklat, meraih juara pertama Adikarya IKAPI untuk kategori cerita anak.

Meski sudah terkenal sebagai penulis produktif, Renny Yaniar tidak ragu-ragu untuk memberikan buku gratis bagi anak Indonesia. Setelah buku cerita anak "Perjalanan Para Lobster", buku yang tidak diperjual belikan di toko adalah Tuan Lokomotif dan dongeng-dongeng lain.

Buku ini memuat 5 dongeng yang isi ceritanya sangat menarik, seperti Tuan Lokomotif, Penjual Buah dan Wanita Tua, Pak Arief dan Pak Abu, Lula Ular Penyabar, dan Tujuh Lembar Daun Ajaib.

Meski ceritanya sederhana dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, namun setiap cerita mengandung pesan-pesan moral. Seperti misalnya cerita yang berjudul Tuan Lokomotif, berkisah tentang seorang Pangeran Kianta dari Negeri Bila-Bila, yang gemar merokok yang mengakibatkan dirinya dijauhi rakyatnya, wajahnya tak tampan lagi, dan kesehatannya terganggu. Atau cerita tentang penjual buah bernama Lingga yang karena bersikap sombong terhadap pembelinya membuat dagangannya tidak laku. Pesan moral yang disampaikan disini adalah, jika kita bersikap tidak peduli terhadap orang lain maka akan merugikan diri sendiri.

Buku yang ditujukan kepada anak-anak ini, bisa juga dibaca oleh pembaca dewasa, terutama bagi pembaca dewasa yang telah memiliki anak, karena dengan membacakan cerita-cerita anak ini bisa mendekatkan hubungan antara orang tua dengan anaknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA 1 (Kalimat Efektif)

PENGERTIAN, CONTOH KATA ABSTRAK DAN KATA KONKRET

Algoritma Dijkstra