Tugas1 ILMU BUDAYA DASAR
Nama
: Rinda Viananda Zalikha
Kelas
:
1KA23
Npm
:
1B116003
Dosen :
Junaedi Abdillah
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
Minggu ke 1:
1.
Pengertian, Tujuan, Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan
Sosial
2.
IBD dan IPS
3.
Ruang Lingkup IBD
Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Secara
sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk
mengkaji masalah - masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah IBD
dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic
humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun
istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya
manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan
seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih
manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan
bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus
atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari
ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain
sebagai manusia itu sendiri.
Untuk
mengetahui ilmu budaya dasar sebagai kelompok ilmu penetahyan oleh Prof. Dr. Harsya
Bachtiar yang mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi
3(tiga), yaitu :
1.
Ilmu - ilmu Alamiah (natural science)
Ilmu
yang bertujuan mengetahui keteraturan hukum yang terdapat di alam semesta ini,
ilmu ini menentukan analisis yang digeneralisasikan untuk mencari
prediksi. Ilmu ini tidak mungkin
100% benar dan 100% salah, kelompok ilmu alamiah yaitu : astronomi, fisika, kimia,
biologi, kedokteran dan mekanik
2.
Ilmu - ilmu Social (social science)
Ilmu
yangmempelajari interaksi/hubungan antara manusia. Dan ilmu ini tidak mungkin
100% benar, hampir mendekati kebenarannya,kelompok ilmu sosiologi yaitu : sosiologi,
politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum
3.
Pengetahuan
budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan
mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. dalam hal ini, metode
pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyatan-pernyataan yang bersifat
unik diunakan dan kemudian diberi arti. Pada umumnya semua itu terdapat tulisan
- tulisan dan tidak ada sangkut pautnya dengan metode yang bersifat ilmiah
Tujuan IBD
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain
merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa mata
kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu
bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities). Akan
tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan
kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan
kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan
alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Tujuan belajar ilmu budaya dasar untuk membentuk pola
pemikiran manusia lebih kritis dalam suatu permasalahan dan melatih cara
berkomunikasi antar satu sama lain. Di samping itu bisa membangun mahasiswa
agar menjadi calon pemimpin bangsa dan negara yang disiplin dan menjunjung
nilai-nilai kebudayaan negaranya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar
diharapkan dapat :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap
lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan
lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas
pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan
daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal
tersebut.
3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin
bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh
kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini
terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat
manusia spesialis yang berpandangan kurang luas, kedaerahan dan pengkotan
disiplin yang kuat.
4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar
mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang
sama, para akademis diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
Kelompok Ilmu pengetahuan
1. Ilmu-ilmu alamiah (natural science)
Ilmu - ilmu
alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam
semesta. Meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
2. Ilmu-ilmu sosial (social science)
Ilmu-ilmu
sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-ketarutaran yang terdapat dalam
hubungan antar manusia. Meliputi: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropolgi,
Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
3. Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan
budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang
bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya (The humanities) dibatasi sebagai
pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian
inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti
seni tari, seni rupa, seni musik. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic
Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain IBD menggunakan
pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya
untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji
masalah masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya daar berbeda dengan
pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya
dalam bahas Inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya
mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus).
Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.
Pokok-pokok
yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan:
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat
beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3.
Kebudayaan
terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4.
Kebudayaan
berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat,
budaya daerah dan budaya nasional
Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan
Sosial
Persamaan dan Perbedaan Ilmu Budaya
Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu
pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari
aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini
berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah
dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah
ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam
berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa
lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada
satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu
Budaya Dasar secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang
diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
kebudayaan. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai
pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris
“The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa
latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan
mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih
manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan
bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia
sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi
humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak
meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), kedua masalah pokok itu adalah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), Baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin), didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.
Kedua Pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), Nampak jelas bahwa manusia menepati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dan bagaimana pula hubungan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD, pokok-pokok bahasa yang dikembangkan adalah :
1. Manusia Dan Harapan
a. Kepercayaan
b. Harapan
2 Manusia Dan Kegelisahan
a. Keterasingan
b. Kesepian
c. Ketidakpastian
3. Manusia Dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian
a. Kesadaran
b. Pengorbanan
4. Manusia Dan Pandangan Hidup
a. Cita-Cita
b. Kebijakan
5. Manusia Dan Cinta Kasih
a. Kasih Sayang
b. Kemesraan
c. Pemujaan
6. Manusia Dan Keindahan
a. Renungan
b. Kehalusan
7. Manusia Dan Penderitaan
a. Rasa Sakit
b. Siksaan
c. Kesengsaraan
8. Manusia Dan Keadilan
a. Kejujuran
b. Pemulihan Nama Baik
Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), kedua masalah pokok itu adalah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), Baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin), didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.
Kedua Pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), Nampak jelas bahwa manusia menepati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dan bagaimana pula hubungan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD, pokok-pokok bahasa yang dikembangkan adalah :
1. Manusia Dan Harapan
a. Kepercayaan
b. Harapan
2 Manusia Dan Kegelisahan
a. Keterasingan
b. Kesepian
c. Ketidakpastian
3. Manusia Dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian
a. Kesadaran
b. Pengorbanan
4. Manusia Dan Pandangan Hidup
a. Cita-Cita
b. Kebijakan
5. Manusia Dan Cinta Kasih
a. Kasih Sayang
b. Kemesraan
c. Pemujaan
6. Manusia Dan Keindahan
a. Renungan
b. Kehalusan
7. Manusia Dan Penderitaan
a. Rasa Sakit
b. Siksaan
c. Kesengsaraan
8. Manusia Dan Keadilan
a. Kejujuran
b. Pemulihan Nama Baik
Sumber:
dimazmarham.blogspot.com
https://ahmadtaufiqcaesar.wordpress.com/3-2/
http://andikoeko.blogspot.co.id/2013/06/perbedaan-ilmu-budaya-dasaribd-dan-ilmu.html https://rendyaprian21.wordpress.com/2015/04/14/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/
Komentar
Posting Komentar